Kamis, Juni 17, 2010

BlackBerry+Hedonis+Manja

tiap manusia , entah itu anak kecil , orang tua , simbah2  sekalipun ,, pasti punya sifat yang satu ini,, yaitu MANJA ..

yap ,, sapa si yang g mau dimanja gt ya sm orang2 sekitar ..

gak terkecuali aku ..

aku terlahir sebagai anak terakhir dari 2 bersodara  ,, otomatis ngebikin aku pengen juga dimanja ..

tapiii ,, dalam keluarga kecil ku ,, ortu gak pernah ngajarin aku dan kakak ku untuk bermanja2 ria seperti yang dilakukan anak2 laennya ..

kalo anak2 laennya merengek minta dibelikan barbie yang rambutnya mirp kyk rambut mnusia (jaman dulu) akan langsung dikasih ,, tidak dengan aku dan kakak ku ..

ortu kami akan dengan tegas mengatakan TIDAK ..

jika kita merengek ,, maka ancaman nya adalah ,, di cubit sampek diem rengek nya ..

sedih si emang ,, tapi dampak yang kita dapat kan waktu gede adlaah ,, kita tidak menjadi anak2 hedonis laennya ..

hedonis menurut pendapat ku adalah , mengahmbur2kan harta milik (entah itu pribadi ato ortu) dengan seenak nya sendiri .. it means , belanja2 sesuka hati nya , beli hape yang paling canggih ,, makan2 cemilan yang hrga nya lebih mahal drpada sepatu converse dan sebagainya ..

banyk sekali anak2 hedonis yang bisa kita jumpai jaman sekarang ..

menurut pandangan ku ,, anak2 hedonis itu adalah kumpulan anak2 manja yang sama sekali tidak pernah diajarkan oleh ortu2 mereka, gimana susah nya cari uang ..


emang si , dulu waktu aku masih kecil ,, ortu sering bgt ga ngabulin permintaan buat beli ini itu ,, tapi dibalik itu semua ,, mereka ngajarin sesuatu yang berharga kalo NYARI DUIT ITU AK GAMPANG SEPERTI HAL NYA KAMU BERAK .. setidak nya itu kata mama saya ..


setelah beranjak dewasa ,, bnyk sekali pikiran2 dan doktrin yang masuk dalam diri ku ..

aku pnya cerita ,, salah satu sodara ku merupakan orang terpandang dikampung nya ,, banyak duit ,, dan mobil 2 (pada jaman itu dah dianggap kaya bgt)

anak nya cowok dan cewek ,, semua nya kalo boleh aku bilang snagat manja ..

suatu hari  anaknya yang cewek minta dibeliin speatu roda yang roda nya segede gaban , gede bgt lah pokoknya ,, waktu itu lagi trend bgt diantara anak2 labil kelas 4 sd gt ..

harga nya wkatu itu 300rb !! kebayangkan jaman nya pak harto tu sepatu bisa dibilang mahal bgt !!

si anak cewek ini trs aj ngerengek ,, smpk akhirnya dibelikan dehh ..

dan baru dipake sekitar 3 bulan ,, si anak cewek ini udah bosen dan speatu mahal itu disimpen digudang spatu bekas ,. garing bggt !!


yahh ,, sekarang coba dimisal kan ,, si anak cewek tdi adalah aku ,, dan ortu nya adalah ortu ku ,, sangat amat tidak mungkin untuk mendapatkan sepatu itu ..


emang bisa dibilang orang seperti aku ini merupakan orang yang beruntung .. mengappa ? karena aku beruntung udah di ajarin untuk lebih menghargai jerih payah ortu ketimbang menghambur2kan dan merengek2 gak jelas kyk gt ..


tapi , ada kala nya juga aku ingin sesuatu yang bisa aku dpt kan dengan merengek (sesuatu yang banci menurutku)

sekarang2 ini kan lg jaman nya tu anak2 muda pake hape merknya BLACKBERRY .. bentuk nya kotak dan gede ..

bnyk yang bilang hp BB (BLACKBERRY) ini fungsi nya cuma untuk gaya2an doank ..

awalnya aku simpatik sm bentuknya ,, tapi lama kelamaan mls juga ,, coba klo misalnya lg smsn sambil kuliah ,, kan g asik tu ,, g cepet klo sms .

mana lagi sistem pengopresian pulsa nya yang ribet bgt ! begitu kira2 yang ada dalam otak ku ..


akhirnya waktu berjalan,, semakin banyak anak2 muda yang makek BB ,, bahkan anak muda yang setau ku ortu nya g punya pun bisa punya BB .. yaa semoga dari hasil yang halal ..

semua punya BB , anak kecil punya BB ,, pokoknya BB tu dah kykkacang dehh ,, 

aku juga pengen punya BB ,, biar bisa BBMn sm temn2 yang punya BB juga .,tapiii ,, gak mungkin bgt dengan keadaan ajaran ortu yang bilang : UANG GAK SEGAMPANG ITU KYK BERAK .. 


susah sekali untuk meminta BB ..

akhir nya aku ngumpulin uang aj sendiri buat beli hp yang kyk BB , tpi bukan BB ,, yaitu NEXIAN .. bentuk nya emang kyk BB ,, aku suka sekali ,, krena bisa muat 2 nmr sekaligus .. gak kyk BB yang bisanya cm 1 ,, itu pun ribet sistem pulsanya ..

punya lah aku BB ..


seminggu setelah punya BB ,, ada tmn SMA ku yang sekarang udah menjadi salah satu anggota anak2 anggota hedonis : jiahhh ! kenapa lo gak sekalian beli BB si ? tau ga di ******* (kota t4 dia kuliah) ya ,, ada anak pake NEXIAN tu di ejek2 tau ,,. dianggap gaya doank ,, g mampu beli BB aj ..

jederrrrrrrrrr !!!! sebegitu rendah nya kah hape ini ???

rasanya pgn akubalas dengan omongan :  YA ELAH ,, BIAR PUN NI HAPE HARGA DIRINYA JAUH LEBIH RENDAH DARI BB KAN , NI HAPE DIBELI PAKE UANG JUGA .. 

(tapi ,, demi pertemanan ,, aku urung kan niat ku)



yaaa begitulahh ,, salah satu contooh korban dri hedonis itu ..

aku kasian dengan anak2 hedonis yang bisanya cuma minta sm ortu ,, tpi gak mikir gimana susah nya ortu nyari duit ..

kalo aku mw egois ,, aku bisa merengek minta beli kan BB dan IPHONE ,, tpi balik lagi ,, aku sangat amat menghargai kerja keras kedua ortu ku ,,aku g mw jadi anak yang hedonis dan manja kyk gt ,, 

dan , sekarang setelah semakin beranjak dewasa ,, aku jadi semakin menghargai kerja keras ortu ku ..

asal kalian tau ya ,, dari biaya aku extension ,, sampke beli hape dan sepatu2 ,, semua aku kumpulin dri uang jajan bulanan .,. 

yaaa setidak nya belajar memahami ,, kalo cari duit itu GAK SEGAMPANG ORANG BERAK ...

biar nanti aku g  menjadi anak2 hedonis yang bisa nya gaya2 tapi mash merengek2 .. 

manja dan hedonis adalah perpaduan yang sangat JELEK .. 


ps : maaf buat anak2 hedonis yang baca ,, bukan maksut menyindir kalian ,, tapi ingin memberitahukan bahwa ,, hargailah kerja keras ortu kalian , jangan bisa nya cuma ngabisin duit mereka .. 



terima kasih :)

3 komentar:

  1. asal kalian tau ya ,, dari biaya aku extension ,, sampke beli hape dan sepatu2 ,, semua aku kumpulin dri uang jajan bulanan .,.

    yaaa setidak nya belajar memahami ,, kalo cari duit itu GAK SEGAMPANG ORANG BERAK ...


    SUMPAAAAH! Asyiiiik banget kalimat ini buat dibaca dan ditelaah! TOP MARKOTOP.
    SETUJU banget sih... Pernah juga ditanya : Kok gk pake BB, Jo?
    Alasanku gk pake yah bisa autis aku BBM-an mulu. Lagian hape kan fungsinya MENDEKATKAN yang jauh, BUKAN MENJAUHKAN yang dekat... Hehehehe...

    Anyway, sebenarnya sih gk ada yg salah sih kalo mereka (yang manja dan demen merengek2) mendapatkan apapun yang mereka mau, soalnya udah dibentuk dari sononya juga. ortu mereka mengizinkan mereka ngedapetin itu. balik lagi, tentu ada dong yang melatarbelakangi ortu mereka ngasih apapun yg anak mereka mau. Simpelnya, mereka ngasih biar anak mereka diem, kaga merengek2... Tauk deh... kebijakan masing2 keluarga kan beda, yang pasti disyukuri aja... hee.

    ^^

    BalasHapus
  2. hihihi .. iya mbakk .. sbnrnya aku juga kemudianmikir nya ,, ah biarin aja , paling juga ortu nya yang berniat ngasihin bb ato gadget2 yang laennya ..

    cuman mnrt ku ,, dari sisi ortunya lah yang g bisa ngajarin anaknya untuk menghargai jerih payah ortu .. yaaa itu tdi , bisa nya cuman ngerengek aja ..

    kdng suka iriii bgt punya ortu yang kyk gt ,, tpi aku bersyukur bggt ortu ku g ngajarin aku buat jdi anak manja .. hehhehee .. :)

    BalasHapus
  3. wah mantab mbak postinganya....mohon maap sebelumnya kalo lancang komen disini, saya lagi browsing2 soal BB malah nemu blog ini hehehe.

    dulu sempet kepikiran beli BB tapi keypadnya susah.. sekali pencet malah 4 hurup yg muncul hahaha..akhirnya pake SE aja yang keypadnya gede2 :D

    BalasHapus